SEGUDANG TANYA DALAM (BER)KARYA


UNTUK APA?

Untuk apa sebuah lagu diciptakan? Untuk apa anda menciptakan lagu? Haruskah diperdengarkan kepada orang lain? Untuk apa karya musik tersebut dikomunikasikan? Apa tujuan pengkomunikasiannya? Apa motif di balik penyuaraan ide dan penyebarluasan gagasan anda? Demi apa? Kenapa tidak untuk diri sendiri saja? Mengapa harus dibagikan? Apa dampak bagi orang yang mendengarkannya? Apa hikmahnya? Adakah tujuan umum dan tujuan khusus anda? Apakah demi kepuasan batin? Apakah untuk kepuasan lahiriah-telinga? Ataukah pelampiasan? Atau sebagai suplemen bagi jiwa? Apakah dalam rangka memperoleh kenikmatan? Atau mencari nilai tukar? Apakah untuk memuaskan hasrat nafsu? Apakah untuk berkomunikasi batin dengan pendengar? Apakah anda ingin membisikkan sesuatu di telinga mereka? Apakah anda ingin menyentuh hatinya? Apakah anda ingin membangun kesadaran? Apakah dalam rangka saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran? Apakah untuk mengkritik sesuatu? Apakah anda ingin memarahi? Atau hendak memberitahu bahwa ada sesuatu yang salah atau keliru? Apakah untuk mengajarkan sesuatu? Apakah hendak menggurui? Apakah seperti menghakimi? Atau memberikan putusan? Apakah bermaksud memvonis? Apakah anda ingin memberi sanksi? Atau ingin memberi suri tauladan? Apakah lagu ditujukan untuk penyadaran? Apakah anda menawarkan sebuah perenungan? Apakah anda ingin menyetujui, menegaskan atau membela sesuatu? Apakah ada udang di balik batu? Apakah dimaksudkan sebagai bentuk antipati, ketidaksetujuan, pembangkangan atau perlawanan anda terhadap sesuatu? Apakah pendengar mendapatkan hal-hal positif dari menyimak lagu anda?

APA INTINYA?

Apakah lagu tersebut penting bagi anda dan orang lain? Seberapa pentingnya? Apa sesuatu yang terdalam yang terdapat pada lagu anda?  Apa nilai-nilai yang terkandung di dalamnya? Apakah anda puitis? Ataukah ceplas-ceplos? Apakah lagu anda sama seperti sebuah informasi atau pelaporan berita? Atau lagu anda adalah sebuah pelimpahan rasa, suatu pengutaraan isi hati, buah ekspresi, berbagi kisah, curhat, ngember, berkeluh kesah dan lain sejenisnya? Apakah berita atau curhat dan uneg-uneg tersebut memang benar-benar penting untuk diketahui/didengar orang lain? Apa manfaatnya bagi pendengar? Apa segi positifnya? Adakah dampak buruk darinya? Apakah berbahaya? Apakah anda ingin pendengar menjadi lebih baik dengan adanya lagu anda? Inginkah anda membuat pendengar menjadi lebih buruk? Apakah anda ingin membuat pendengar menjadi marah, beringas atau kesetanan? Atau anda inginkan yang sebaliknya? Apakah anda berpikir bahwa tidak hanya manusia saja yang mendengarkan lagu? Ingatkah anda bahwa hewan dan makhluk halus juga mendengar? Tahukah anda bahwa benda-benda mati apapun di sekitar kita juga terkena gelombang suara musik? Apakah anda ingin menunjukkan siapa diri anda melalui lagu yang anda buat? Apakah karena lagu tersebut anda ingin dibilang pintar, hebat, gagah atau keren? Lewat lagu, sebenarnya anda ingin bilang apa? Berpesan apa? Ingin dibilang apa? Adakah kebaikan yang anda tawarkan? Adakah kebenaran yang anda ungkap? Apa substansi lagu anda? Apa esensinya? Apa hakikatnya? Apakah anda sudah tahu tentang apa itu lagu yang baik dan bagaimana cara menghasilkannya?

KEPADA SIAPA DITUJUKAN?

Mengapa anda ingin menyebarluaskannya? Apa dampak bagi orang yang mendengarkannya? Apa-apa saja yang akan diserap oleh pendengar? Apakah lagu anda ditujukan bagi kebanyakan orang? Atau untuk kalangan khusus tertentu? Setelah mendengarkan lagu tersebut, Anda ingin pendengar itu menjadi bagaimana? Apakah pendengar mendapatkan hal-hal positif setelah mendengarkannya? Atau sebaliknya? Pedulikah pendengar akan apa-apa yang terkandung di dalam lagu anda? Pedulikah anda terhadap cara mengapresiasi musik yang baik? Bagaimana jika tidak ada yang mau/malas mendengar? Bagaimana jika ada yang tidak setuju atau banyak yang tidak suka dengan lagu anda? Bagaimana jika apa yang anda maksudkan dalam lagu justru berbeda dengan apa yang pendengar tangkap? Bagaimana jika pesan-pesan anda banyak yang terlewat? Apakah anda ingin diapresiasi? Apakah anda ingin dihargai?

BAGAIMANA MEMBUATNYA?

Apakah lagu tersebut terjadi dengan sendirinya? Apakah lagu anda adalah sebuah kebetulan? Apakah lagu tersebut lahir, mengalir dan tercipta begitu saja tanpa dicari atau ditemukan? Apakah nada dan atau liriknya didapat dari gigihnya berolah pikir dan berolah rasa? Ataukah mengalir begitu saja? Apakah anda berpikir keras ketika menggagas lagu? Apakah anda takut, malu, tertekan ketika membuatnya? Ataukah anda biasa-biasa saja? Apakah dalam penggarapannya menghabiskan banyak waktu? Apakah anda selalu menginginkan hasil yang sempurna? Apakah anda terburu-buru mengerjakannya? Apakah anda serius, cermat dan teliti ketika menggarapnya? Atau lebih banyak masa bodo atau terserah diri sendiri saja? Kapan dan di mana anda membuatnya? Kapan waktu yang tepat dan di mana ruang yang pas untuk mendengarkan karya anda? Jam berapa? Di mana? Harus mendengar sendirian atau boleh juga bersama orang lain? Dengan cara apa lagu tersebut sampai ke telinga pendengar?

(: ditulis dalam rangka mengingatkan & menyemangati diri sendiri :)

Terlepas dari bagaimanapun juntrungan-hasil akhirnya, pastikan bahwa karya  musik kita senantiasa mengandung nilai-nilai positif ; bertujuan luhur, bersifat membangun, mencerdaskan dan memanusiakan manusia. Bukan malah sebaliknya :) Mari terus berkarya. ^_^
 

Tidak ada komentar: