MENGINTIP CARA Memanaskan Mobil yang Lama Ditinggal


[Eps6] MENGINTIP CARA Memanaskan Mobil yang Lama Ditinggal 

    Selain dicuci bersih dan dipakaikan sarung penutup, mobil yang hendak ditinggal agak lama memang sebaiknya di'cabut aki'-nya, yakni dicopot kabel negatif-nya, agar aliran arus dalam aki standby tanpa ada pengaliran. Meski mobil tidak dioperasikan, aki yang tetap terpasang sebenarnya 'membuang daya listrik' ke ground dari logam bodi mobil (massa, arde, kutub negatif).
 

    Sebelum ditinggal, jangan lupa mesin mobil dipanaskan terlebih dahulu agar arus listrik dalam baterai atau accu alias akinya terisi maksimal, sekaligus juga membuat pelumasan olinya berputar. Setelah mobil lama ditinggal, setibanya kita sebaiknya mobil tidak ditunda-tunda untuk dipanaskan mesinnya. Pasang kembali koneksi kabel negatif aki dan cek berbagai tuas, tombol, knob dalam mobil, terutama sekali fitru-fitur yang berhubungan dengan kelistrikan mobil. 

    Sebelum menghidupkan mesin, pastikan dulu semua alat atau fitur yang menggunakan listrik dari aki berada dalam posisi OFF. Sebagaimana biasanya, menghidupkan atau memanaskan mobil sebelum dipakai berjalan--terlebih lagi mobil yang lama ditinggal--biasa dilakukan pada pagi hari. 

    Panaskan hanya beberapa menit saja, idealnya antara 2 s.d. 5 menit, dengan terlebih dahulu melakukan berbagai pengecekan sebagaimana diulas dan dianjurkan dalam video ini. 

#memanaskanmobil

Tidak ada komentar: